Saturday, October 22, 2011

Masalah Halaman Statis Blogger yang Error

posting read-more

Error Bagaimana?

Terkadang, saat kita membuat posting auto read-more, artikel halaman statis yang seharusnya tidak ikut terringkas justru ikut terringkas. Andaikan tautan read-more masih bisa diklik dan membawa kita pada halaman penuh sebenarnya tidak masalah, tapi yang ini tidak sama sekali. Meski sudah diklik sampai seribu kalipun, ringkasan posting tetap tidak akan menghilang.

Masalah Bebuyutan

Masalah ini sangat umum terjadi pada para pemakai template blogspot lama. Karena saat itu halaman statis belum dirilis oleh Blogger, maka tag kondisional halaman statispun belum ada. Nah, untuk mengatasi masalah itu, caranya cukup dengan mengubah susunan kode posting dengan cara menambahkan tag kondisional halaman statis.

Pemecahan Masalah

Pertama-tama masuklah ke halaman editor HTML template, kemudian cek Expand Template Widget agar seluruh elemen pembangun posting tampil.

Cari baris kode yang tampak seperti ini:

<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
    <div expr:id='&quot;summary&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
        <script type='text/javascript'>createSummaryAndThumb(&quot;summary<data:post.id/>&quot;);</script>
        <span class='rmlink'><a expr:href='data:post.url'>Baca Selengkapnya</a></span>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
    <data:post.body/>
</b:if>

Tambahkan kode ini di atas tag kondisional yang Saya beri warna hijau:

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
    <data:post.body/>
<b:else/>

Kemudian tambahkan kode ini di bawah kode </b:if> yang Saya beri warna hijau:

</b:if>

Sehingga hasilnya menjadi seperti ini:

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
    <data:post.body/>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
    <div expr:id='&quot;summary&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
        <script type='text/javascript'>createSummaryAndThumb(&quot;summary<data:post.id/>&quot;);</script>
        <span class='rmlink'><a expr:href='data:post.url'>Baca Selengkapnya</a></span>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
    <data:post.body/>
</b:if>
</b:if>

Klik Simpan Template.

Labels: , ,

11 Comments:

At Sunday, December 18, 2011 at 10:46:00 AM GMT+7, Blogger Yopi Hasopa said...

Gan, ijin nyalin kodenya... :D

 
At Sunday, June 3, 2012 at 3:07:00 PM GMT+7, Blogger Farid Wajdi Kardbri said...

Baru kali ini saya dapat blog selengkap ini dan memberi tutorial yang sedetail - detailnya! :-bd Saya jatuh cinta sama blog ini... ^_^

 
At Thursday, July 26, 2012 at 12:00:00 AM GMT+7, Blogger Sixrone 609 Community said...

Farid, tapi sayangnya blog ini sudah ada y punya...
heheh

 
At Monday, August 20, 2012 at 10:17:00 PM GMT+7, Anonymous Anonymous said...

saya sempet mengalami ini, pas pakek temlatenya urang kurai. berkat berobat ke DTE :] blog saya telah normal :)

 
At Wednesday, September 19, 2012 at 2:38:00 AM GMT+7, Anonymous Anonymous said...

lama keliling nyari solusi yang tepat gag ada yang berhasil, bru blog ini yg benar2 siepp dah, akhirnya..berhasil jg...
maksh bnget sobt...

 
At Thursday, November 29, 2012 at 4:48:00 PM GMT+7, Blogger Viyan Pradita said...

Malsalah lain halaman statis yaitu link url yang tidak sesuai dengan judul.

Misal kita buat halaman daftar isi, yang seharusnya link urlnya:

http://blog_saya/p/daftar-isi.html

menjadi

http://blog_saya/p/blog-page.html

dan kalau buat halaman lagi juga tetep sama hasilnya

http://blog_saya/p/blog-page29.html

Gmn tuh solusinya kang.

 
At Monday, December 10, 2012 at 3:43:00 PM GMT+7, Blogger Taufik Nurrohman said...

Mungkin di editan templatemu ada kode seperti ini:

<a href='http://blog_saya/p/blog-page.html'>Baca Selengkapnya</a>

Padahal seharusnya seperti ini:

<a expr:href='data:post.url'>Baca Selengkapnya</a>

 
At Monday, December 10, 2012 at 7:14:00 PM GMT+7, Blogger Unknown said...

Info yang baguz sekali untuk disimak.....
Bermanfaat sekali untuk saya....

Mohon kunjungan baliknya yaa....
Dan saya juga sangat berterima kasih sekali kalau anda berkenan FOLLOW dan Backlink Blog sederhana saya.... :-)

Title: Zamrud News
( zamrudnews.blogspot.com )

 
At Sunday, March 24, 2013 at 9:52:00 PM GMT+7, Blogger Unknown said...

mas taufik, tolong dong diagnosis masalah halaman statisku ini http://putraarifprasetyo.blogspot.com/p/daftar-pengunjung-aktif.html#axzz2OSE1H9fT soalnya aku kan mau masang widget member aktif ala blog DTE dan pas aku ganti dengan alamat ku langsung kacau jadi gini. Tetapi pake alamat blog tetangga kok malah bisa di halaman aku :D kalo bisa balasnya lewat google plus ya mas, biar lebih mudah :D

 
At Saturday, March 30, 2013 at 2:05:00 PM GMT+7, Blogger budkalon said...

Ah, kalau itu hal biasa, biasanya itu karena saat proses autosaving bloggernya sudah jalan, editor laman yang kita buat belum terisi, atau saat autosaving, kita belum memberi judul terlebihdahulu.

 
At Sunday, November 17, 2013 at 8:58:00 PM GMT+7, Blogger Taufiqurrohman said...

Akhirnya ketemu juga solusi nya :-bd

Blog nya bermanfaat sekali !!!

 

Post a Comment

<< Home