Sunday, January 15, 2012

Menampilkan Waktu Saat Ini dengan JavaScript

Jam JavaScript

Versi 24 Jam

<script>
<!--
var d         = new Date();
var curr_hour = d.getHours();
var curr_min  = d.getMinutes();
document.write(curr_hour + " : " + curr_min);
//-->
</script>

Versi AM & PM

<script>
<!--
var a_p       = "";
var d         = new Date();
var curr_hour = d.getHours();
if (curr_hour < 12) {
   a_p = "AM";
} else {
   a_p = "PM";
}
if (curr_hour == 0) {
   curr_hour = 12;
}
if (curr_hour > 12) {
   curr_hour = curr_hour - 12;
}

var curr_min = d.getMinutes();
curr_min = curr_min + "";
if (curr_min.length == 1) {
   curr_min = "0" + curr_min;
}

document.write(curr_hour + " : " + curr_min + " " + a_p);
//-->
</script>

Kode-kode ini bukan merupakan jam aktif melainkan jam pasif yang hanya bisa menampilkan waktu saat halaman terakses. Sementara saat waktu saat ini telah berubah, jam ini tidak akan ikut mengubah waktunya:

Lihat Demo

Pembaharuan: Versi Jam Aktif

Dapat dibuat secara sederhana dengan JavaScript setInterval():

<time id="clock"></time>
<script>
(function() {
    var clock = document.getElementById('clock');
    setInterval(function() {
        var time = new Date().toString().split(' ')[4];
        clock.innerHTML = time;
    }, 13);
})();
</script>

Labels: ,

4 Comments:

At Wednesday, April 18, 2012 at 11:00:00 PM GMT+7, Blogger MUX SPARROW said...

iNI bisa diterapin di timestamp komentar gak ya, Mas? soale di komentar blog saya ada tuh timestampnya di header comment cuman saya hide pake warna sama dengan bekgron biar gak keliatan..soale ngaco waktunya :p

 
At Wednesday, April 18, 2012 at 11:36:00 PM GMT+7, Blogger Taufik Nurrohman said...

@MUXLIMO Bisa. Tapi untuk timestamp komentar bukannya waktunya bisa diatur di bagian GMT. Untuk Waktu Indonesia Barat ada di GMT+7.

 
At Wednesday, December 12, 2012 at 2:25:00 PM GMT+7, Blogger Unknown said...

untuk tanggal gimana bang??

 
At Friday, April 12, 2013 at 11:35:00 PM GMT+7, Blogger Bima A. said...

makasih gan infonya..
Backlink : http://bmaster23.blogspot.com

 

Post a Comment

<< Home