Monday, January 14, 2013

JavaScript Array

JavaScript Array

Array merupakan suatu variabel dimana di dalamnya terdapat beberapa anggota yang disatukan menjadi satu kesatuan dalam braket kotak ([]). Setiap data dapat diakses/dipanggil melalui nama variabel yang diikuti dengan indeks anggota. Berikut ini adalah sebuah gambaran bagaimana kita meringkas beberapa nama variabel menjadi satu kelompok array sebuah variabel…

Saya mulai dengan variabel biasa:

var text1 = "Aku";
var text2 = "Cinta";
var text3 = "Kamu";

Variabel di atas dapat dipanggil dengan cara menuliskan namanya satu per satu seperti ini:

document.write(text1 + " " + text2 + " " + text3); // Hasil => `Aku Cinta Kamu`

Dengan array, kita bisa menggabungkan beberapa nilai variabel ke dalam satu nama variabel menggunakan braket kotak:

var text = ["Aku", "Cinta", "Kamu"];

Untuk memanggil data di dalam array, kita tuliskan nama variabel yang kemudian diikuti dengan indeks anggota array tersebut. Indeks anggota dimulai dari 0:

document.write(text[0]); // Hasil => `Aku`
document.write(text[0] + " " + text[1] + " " + text[2]); // Hasil => `Aku Cinta Kamu`
document.write(text[2] + " " + text[1] + " " + text[0]); // Hasil => `Kamu Cinta Aku`
document.write(text[0] + " dan " + text[2]); // Hasil => `Aku dan Kamu`

Lainnya

Beberapa Cara Penulisan Array

Cara paling ringkas:

var x = ["lorem", "ipsum", "dolor", "sit", "amet"];

Mendeklarasikan array kosong, kemudian menuliskan anggotanya satu per satu:

var x = [];
x[0] = "lorem";
x[1] = "ipsum";
x[2] = "dolor";
x[3] = "sit";
x[4] = "amet";

Metode lama/primitif:

var x = new Array("lorem", "ipsum", "dolor", "sit", "amet");
var x = new Array();
x[0] = "lorem";
x[1] = "ipsum";
x[2] = "dolor";
x[3] = "sit";
x[4] = "amet";

Data yang Berbeda

var x = ["lorem", "ipsum", false, null, 0, 30, ""];

Labels: , ,

3 Comments:

At Monday, January 14, 2013 at 11:24:00 AM GMT+7, Anonymous Anonymous said...

nah yang mendasar seperti ini yang dibutuhkan hehe

 
At Monday, January 21, 2013 at 12:55:00 PM GMT+7, Blogger Unknown said...

This comment has been removed by the author.

 
At Tuesday, October 1, 2013 at 5:51:00 PM GMT+7, Blogger Kang Ismet said...

saya pernah baca disini.. tapi lupa posisinya dimana, cara menyatukan beberapa javascript yang benar, bisa kasih petunjuk?

 

Post a Comment

<< Home