Monday, May 21, 2012

Klasifikasi Typeface/Jenis Huruf

Berikut ini adalah beberapa keterangan singkat mengenai klasifikasi fon yang Saya temukan dari luar. Beberapa mungkin masih akan Saya edit suatu saat nanti jika Saya telah menemukan referensi yang lebih meyakinkan. Tapi pada intinya beginilah hasil paling meyakinkan untuk saat ini.

Calligraphic

Calligraphic

Huruf yang terkait dengan seni kaligrafi dan fon yang dikembangkan dari produksi mereka dapat diklasifikasikan sebagai kaligrafi. Huruf kaligrafi dapat, walaupun tidak harus, diklasifikasikan sebagai Chancery, Etruscan atau Uncial. Huruf Chancery memiliki huruf sempit sedikit miring dan sangat berpengaruh dalam pengembangan serif italik. Wajah Etruscan tidak memiliki huruf kecil dan didasarkan pada bentuk awal dari kaligrafi Romawi dimana kuas diadakan di sudut curam. Gaya Celtic, huruf Uncial diciptakan dari cara memegang kuas pada sudut hampir horizontal. Hanya ada satu case dalam desain Uncial, meskipun mereka menjadi dasar untuk pengembangan roman lowercase.

Subkelas:

Old English

Old English

Sebuah gaya naskah kaligrafi dibuat dengan broad-nibbed pen menggunakan stroke vertikal, melengkung dan miring. Juga disebut sebagai Fraktur atau Blackletter. Populer dari abad pertengahan melalui Renaissance (dan sampai abad ke-20 terutama di Jerman). Ketika ahli-ahli Taurat menggunakan metode penulisan dan harus angkat pena untuk setiap segmen huruf. Dari sinilah istilah “Fraktur” berasal; itu berasal dari kata latin untuk rusak. Gaya sering dikaitkan dengan beberapa negara tertentu atau wilayah.

Subkelas:

Serif

Serif

Kategori Serif didefinisikan oleh tambahan goresan horizontal pada setiap huruf (sering disebut sebagai feet). Ada berbagai macam fon Serif yang dibagi menjadi tiga subkategori: old style, modern dan transitional. Ada kategori tambahan dari fon SerifSerif Slab— yang kini telah berevolusi dalam kategori tersendiri.

Serif Gaya Lama diidentifikasi oleh bentuk miring, bulat. Setiap goresan huruf memiliki berat yang sama, membuat setiap huruf tampak seragam.

Serif Modern, memiliki kontras goresan huruf tipis dan tebal. Berat huruf jauh lebih berat dari tipografi gaya lama. Goresan lebih tebal secara vertikal daripada horizontal.

Serif Transisi menggabungkan atribut dari gaya lama dan tipografi modern. Setiap huruf berisi goresan horizontal tajam dari setiap huruf tetapi juga memiliki berbagai lebar goresan. Tipografi transisi yang umum digunakan dalam berbagai aplikasi, terutama sebagai jenis huruf standar (Times New Roman) dalam aplikasi perangkat lunak umum seperti Microsoft Word dan Adobe Photoshop.

Subkelas:

Sans Serif

Sans Serif

Adalah jenis huruf tanpa serif. Mereka dapat ditemukan dalam sejarah sejak abad ke-5, meskipun kembalinya kebangkitan klasik Renaissance Italia untuk tipografi gaya lama serif membuat mereka hampir usang sampai abad ke-20. Ada banyak pengembangan mereka huruf Sans-Serif di Jerman sebagai pemberontakan terhadap tulisan hiasan gaya Blackletter populer yang menghasilkan tipografi Sans-Serif berdasarkan pada kemurnian bentuk-bentuk geometris. Sama seperti tipografi Serif, ada klasifikasi yang berbeda untuk Sans-Serif.

Subkelas:

Script

Script

Fon dalam kategori jenis Script mudah diidentifikasi karena mereka dirancang untuk meniru tulisan tangan. Setiap huruf terhubung satu sama lain. Dalam varian Cursive —yang juga biasa diklasifikasikan sebagai Script— huruf memiliki ekor panjang tapi tidak benar-benar menyentuh.

Subkelas:

Novelty

Novelty

Adalah fon dengan tampilan hiasan yang tidak lazim, atau yang menyimulasikan bentuk nontipografikal. Semua yang eksentrik, tipografi tak biasa dikelompokkan ke dalam satu kategori: Novelty. Ada beberapa nama lain untuk jenis tipografi ini: Decorative, Grunge, Artistic, Ornamental. Tetapi mereka semua mengacu pada klasifikasi yang sama. Fon-fon ini diidentifikasi karena kurangnya karakteristik lainnya.

Subkelas:


Referensi

Labels: ,

10 Comments:

At Monday, May 21, 2012 at 12:56:00 PM GMT+7, Blogger abang ichal said...

wahh akhir2 ini banyak juga ya blog yg ngebahas ttg font, tipo dan web

 
At Monday, May 21, 2012 at 2:42:00 PM GMT+7, Blogger Unknown said...

Crezy bloggwalking datang bang, Penjelasan-nya singkat padat dan jelas, Nambah lagi ilmu untuk sub kelas \o/ \o/ \o/ \o/ \o/ \o/ :-bd :-bd

 
At Monday, May 21, 2012 at 3:41:00 PM GMT+7, Blogger Taufik Nurrohman said...

@Suwardi Unggit Sub-sub kelasnya Saya ambil dari Typedia

 
At Monday, May 21, 2012 at 4:50:00 PM GMT+7, Blogger Hanif Rizal said...

saya baru tau kalo ada yg novelty :D

 
At Monday, May 21, 2012 at 5:40:00 PM GMT+7, Blogger Unknown said...

Kalau bisa, coba post tentang jenis-jenis font yang bisa digunakan blogger, ya agar blog terlihat cantik dengan font yang keren gitu !

 
At Monday, May 21, 2012 at 6:58:00 PM GMT+7, Blogger Unknown said...

@Agust Nurfa Kalau font yang bisa di gunakan bloger itu banyak om bisa lihat di h++P://fonts[dot]googleapis[dot]com disana ada yang Gratis dan yang berbayar masalah-nya tinggal menggunakan-nya yang kadang ngubeng :D :D

 
At Monday, May 21, 2012 at 6:59:00 PM GMT+7, Blogger Unknown said...

@Taufik Nurrohman Terima kasih bang.... :D

 
At Monday, May 21, 2012 at 8:14:00 PM GMT+7, Blogger Taufik Nurrohman said...

@Suwardi Unggit Lebih tepatnya http://www.google.com/webfonts
Semuanya font dari Google Web Fonts sifatnya gratis. Sebenarnya semua font bisa diterapkan pada platform apapun, cuma tinggal kita saja yang tahu atau tidak tipe file yang bisa digunakan dan cara memasangnya.
Mengenai font berbayar itu bukan berarti bahwa kita membeli font dengan cara/arti yang sama seperti halnya saat kita membeli mobil atau rumah. Kita hanya membeli hak ciptanya saja. Begitulah cara makhluk bumi menghargai hasil karya. Meskipun dari segi wujud tidak seberapa, tapi hal-hal seperti font, lukisan, perangkat lunak dan yang lainnya itu termasuk dalam kategori ide yang tidak bisa ditemukan begitu saja, ketika orang-orang tertentu dengan begitu ajaibnya bisa menemukan ide-ide yang kita sendiri tidak pernah membayangkannya.
Saya yakin, ini berhubungan dengan ketuhanan! 0:)

 
At Tuesday, May 22, 2012 at 3:59:00 AM GMT+7, Blogger Unknown said...

@Taufik Nurrohman matur suwun kang

 
At Wednesday, November 19, 2014 at 12:45:00 AM GMT+7, Anonymous Anonymous said...

mantab kang,, :-bd

 

Post a Comment

<< Home